|   NO.  |    KOMPETENSI  |    INDIKATOR  | 
|   1.  |    Membaca Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak.  |    Disajikan teks bacaan 3 - 4 paragraf, siswa dapat: • menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa) • membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf • menentukan ide pokok salah satu paragraf • menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.  | 
|   Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.  | ||
|   Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.  | ||
|   Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.  | ||
|   Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.  | ||
|   Disajikan teks drama, siswa dapat: • menentukan tokoh utama • menentukan latar • menentukan amanatnya.  | ||
|   Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.  | ||
|   Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.  | ||
|   Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat: • menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf • mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat. • Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.  | ||
|   Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.  | ||
|   Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.  | ||
|   Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.  | ||
|   Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya  | ||
|   Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat: • membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal • menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan  | ||
|   Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isil maksud yang terkandung di dalamnya.  | ||
|   Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.  | 
|   NO.  |    KOMPETENSI  |    INDIKATOR  | 
|   
  |    
  |    Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat: • menentukan isinya • memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.  | 
|   Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.  | ||
|   Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat: • menentukan ringkasannya • menentukan temanya • menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.  | ||
|   Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat: • menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi • menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.  | ||
|   2.  |    Menulis Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun  |    Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.  | 
|   • Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu. • Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat. • Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.  | ||
|   Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.  | ||
|   Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.  | ||
|   Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.  | ||
|   Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.  | ||
|   Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.  | ||
|   Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat: • melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat • memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.  | ||
|   Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.  | ||
|   Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.  | ||
|   Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.  | ||
|   Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.  | ||
|   Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.  | ||
|   Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.  | 

0 komentar:
Posting Komentar