Submit

21 Nov 2012

KISI-KISI (SKL) UN SD/MI 2013 IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

 

NO.

KOMPETENSI

INDIKATOR

l.

Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.

Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewanltumbuhan tertentu

Disajikan contoh beberapa tumbuhanlhewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhanlhewan tersebut

Siswa dapat menjelaskan manfaat hewanltumbuhan bagi kehidupan manusiallingkungan

Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewanltumbuhan

2.

Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan

Disajikan gambar hewanltumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya

Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan

3.

Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup

Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)

Siswa dapat menentukan rantai makananlperan makhluk hidup dalam komunitaslekosistem tertentu

Siswa dapat menentukan peranlmanfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya.

4.

Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan

Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan

Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewanltumbuhan tertentu

5.

Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.

Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.

Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk

Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.

Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzimlzat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk

Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar

Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar

Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia

Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia

6.

Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi

Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu

Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut

 

NO.

KOMPETENSI

INDIKATOR

 

 

Siswa dapat menjelaskan  perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatanlperistiwa

7.

Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.

Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan

Disajikan pernyataanlgambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah geraklbentuklarah suatu benda

Disajikan gambarlilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.

Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut

Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambarlpernyataan tersebut

Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi

Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyalalpadam jika salah satu saklar diputusldisambung

8.

Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.

Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah

Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam

Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)

Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharuiltidak dapat diperbaharui.

9.

Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.

Menentukan nama planetlciri-ciri planet dalam tata surya

Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumilbulan terhadap kehidupan di bumi

Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana mataharilbulan atau menjelaskan terjadinya gerhana mataharilbulan.

Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehiltahun hijriah.

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar