|   NO.  |    KOMPETENSI  |    INDIKATOR  | 
|   l.  |    Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya.  |    Siswa dapat menjelaskan fungsi dari ciri khusus pada hewanltumbuhan tertentu  | 
|   Disajikan contoh beberapa tumbuhanlhewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan dasar pengelompokan dari tumbuhanlhewan tersebut  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan manfaat hewanltumbuhan bagi kehidupan manusiallingkungan  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan tujuan pelestarian hewanltumbuhan  | ||
|   2.  |    Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan  |    Disajikan gambar hewanltumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya  | 
|   Siswa dapat mengidentifikasi daur hidup hewan  | ||
|   3.  |    Memahami saling ketergantungan antarmakhluk hidup  |    Siswa dapat menjelaskan contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)  | 
|   Siswa dapat menentukan rantai makananlperan makhluk hidup dalam komunitaslekosistem tertentu  | ||
|   Siswa dapat menentukan peranlmanfaat tumbuhan bagi makhluk hidup di sekitarnya.  | ||
|   4.  |    Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam keseimbangan lingkungan  |    Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan  | 
|   Siswa dapat menjelaskan tujuan adaptasi pada hewanltumbuhan tertentu  | ||
|   5.  |    Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat.  |    Siswa dapat menjelaskan fungsi jaringan pada tumbuhan.  | 
|   Disajikan gambar alat indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan.  | ||
|   Disajikan gambar alat pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan enzimlzat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian yang ditunjuk  | ||
|   Siswa dapat menentukan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia berdasarkan gambar  | ||
|   Siswa dapat menentukan bagian kerangka manusia berdasarkan gambar  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia  | ||
|   Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan cara pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia  | ||
|   6.  |    Memahami sifat penyusun benda, perubahan bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh suhu terhadap benda dalam kehidupan sehari-hari  |    Disajikan ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi  | 
|   Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat menyebutkan bahan dasar benda tertentu  | ||
|   Disajikan ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut  | 
|   NO.  |    KOMPETENSI  |    INDIKATOR  | 
|   
  |    
  |    Siswa dapat menjelaskan perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatanlperistiwa  | 
|   7.  |    Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari- hari.  |    Disajikan gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan jenis gaya yang dimanfaatkan  | 
|   Disajikan pernyataanlgambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat mengubah geraklbentuklarah suatu benda  | ||
|   Disajikan gambarlilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.  | ||
|   Disajikan gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber bunyi dari alat tersebut  | ||
|   Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan sifat cahaya dari gambarlpernyataan tersebut  | ||
|   Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan perubahan energi yang terjadi  | ||
|   Siswa dapat menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari.  | ||
|   Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan lampu yang menyalalpadam jika salah satu saklar diputusldisambung  | ||
|   8.  |    Mendeskripsikan berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan.  |    Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanah  | 
|   Disajikan gambarlpernyataan, siswa dapat menentukan manfaat salah satu jenis sumber daya alam  | ||
|   Siswa dapat menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)  | ||
|   Siswa dapat mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat diperbaharuiltidak dapat diperbaharui.  | ||
|   9.  |    Memahami sistem tata surya bagi kehidupan.  |    Menentukan nama planetlciri-ciri planet dalam tata surya  | 
|   Siswa dapat menjelaskan akibat gerakan bumilbulan terhadap kehidupan di bumi  | ||
|   Siswa dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana mataharilbulan atau menjelaskan terjadinya gerhana mataharilbulan.  | ||
|   Siswa dapat menjelaskan dasar perhitungan tahun masehiltahun hijriah.  | 

0 komentar:
Posting Komentar