NO | KOMPETENSI | INDIKATOR |
l. | Membaca Memahami isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel teks nonsastra, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, biografi tokoh, serta berbagai bentuk dan jenis paragraf nonteks; memahami teks sastra berbentuk puisi lama, puisi baru, hikayatlsastra Melayu klasik, cerpen, novel, dan drama. | Menentukan unsur-unsur paragraf, ide pokok, kalimat utama, kalimat penjelas. |
Menentukan isi paragraf: fakta, opini, pernyataanljawaban pertanyaan sesuai isi, tujuan penulis, arti katalistilah, isi biografi. | ||
Menentukan opini penulis dan pihak yang dituju dalam tajuk rencanaleditorial. | ||
Menentukan isi dan simpulan grafik, diagram atau tabel. | ||
Menentukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sastra Melayu klasiklhikayat. | ||
Menentukan unsur-unsur intrinsiklekstrinsik novellcerpenldrama. | ||
Menentukan unsur-unsur intrinsik puisi. | ||
Menentukan isi puisi lama, pantun, gurindam. | ||
2. | Menulis Mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam berbagai jenis dan bentuk paragraf, teks pidato, surat resmi, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, kepaduan, ketepatan kalimat, penggunaan bahasa, diksi, struktur kalimat, dan ejaan; mengungkapkan pikiran dan gagasan dalam bentuk puisi, cerpen, novel, drama, kritik, esai, dan resensi. | Menulis paragraf padu. |
Melengkapi berbagai bentuk dan jenis paragraf dengan kalimat yang padu. | ||
Melengkapi teks pidato. | ||
Melengkapi paragraf dengan kata baku, kata serapan, kata berimbuhan, kata ulang, ungkapan, peribahasa. | ||
Menyunting penggunaan kalimatlfrasal kata penghubunglistilah dalam paragraf. | ||
Menulis surat resmi. | ||
Menyunting kalimat dalam surat resmi. | ||
Menulis judul sesuai EYD. | ||
Menulis karya ilmiah (latar belakang dan rumusan masalah). | ||
Melengkapi larik puisi lamalbaru (dengan kata kiaslberlambanglberimalbermajas). | ||
Melengkapi dialog drama. | ||
Menentukan kalimat resensi. | ||
Menentukan kalimat kritik. | ||
Menentukan kalimat esai. |
0 komentar:
Posting Komentar