Submit

2 Des 2012

Dampak Positif Globalisasi Bagi Kehidupan di Indonesia

Dampak Positif Globalisasi Bagi Kehidupan di Indonesia

 

clip_image002

 

 

Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah

Sistem Sosial Budaya Indonesia yang diampu

Suyatmi , Dra, MS

 

Nama        : Sazkia Arias R

NIM           : D0311064

Jurusan    : Sosiologi -B

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Polotik

Universitas Sebelas Maret

Surakarta 2011

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur yang sebesar-besarnya penulis ucapkan kepada Allah SWT atas bantuan, berkat, dan rahmat-Nya pada penulis selama proses makalah ini berlangsung. Penulis juga ingin berterima kasih kepada semua orang / lembaga yang telah membantu penulis dalam pembuatan penelitian ini, yaitu:

1.      Ibu Suyatmi Dra. MS selaku dosen pembimbing yang senantiasa membimbing penulis selama pembuatan karya tulis ini .

2.      Kedua orang tua dan sanak keluarga, yang selalu memberikan bantuan, dukungan, dan semangat sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini.

Kesempurnaan hanyalah milik Allah, oleh karena itu penulis menyadari bahwa karya tulis ini tidaklah sempurna. Adanya keterbatasan kemampuan penulis juga semakin menegaskan bahwa karya tulis ini masih jauh dari kesempurnaan.

Penulis sangat berharap agar para pembaca yang telah membaca karya tulis ini dapat memberikan kritik yang konstruktif, sehingga penulis dapat meningkatkan hasil penulisannya di lain kesempatan, serta dapat memuaskan para pembaca.

 

                                                                                                         

Surakarta,Desember 2011

Penulis

Daftar isi

 

                                                                                                            Halaman

Halaman Judul ....................................................................................           i

Kata Penganatar ..................................................................................           ii

Daftar Isi .............................................................................................           iii

 

BAB I             PENDAHULUAN ......................................................          1

                        A. Latar Belakang Masalah .........................................          1

                        B. Perumusan Masalah ................................................           2

                        C. Tujuan Penulisan Makalah ......................................          2

                        D. Manfaat Penulisan Makalah ...................................           2

 

BAB II                        LANDASAN TEORI .................................................          3

 

BAB III          PEMBAHASAN .........................................................          6

 

BAB IV          KESIMPULAN DAN SARAN ...................................         12

Daftar Pustaka ......................................................................................         13

BAB I

PENDAHULUAN

 

A.   Latar Belakang Masalah

Globalisasi merupakan suatu proses perubahan hal-hal baru, khususnya yang menyangkut informasi secara mendunia melalui media massa. Secara terbatas globalisasi terbentuk oleh adanya kemajuan teknologi komunikasi dunia. Globalisasi juga dapat mempengaruhi nilai-nilai tertentu pada aspek moderenisasi. Penyrbab adanya globalisasi adalah ketidak puasan manusia yang telah mampu menciptakan berbagai jenis alat komunikasi yang dapat mendukung kecepatan dan kelancaran yang dapat menjadi salah satu saluran globalisasi sehingga dapat mempercepat proses globalisasi. Pengaruh dunia internasional secara pasif melanda hampir semua aspek kebutuhan disemua lapisan masyarakat.

      Globalisasi dengan berbagai aspek tidak bias dicegah. Mereka yang tidak siap menghadapi gelombang global ini akan selalu canggung dalam pergaulan hidup. Tanggapan dari masyarakat baik yang menerima ataupun yang menolak arus globalisasi sangat berpengaruh terhadap perubaham yang terjadi di masyarakat.

      Proses globalisasi dalam kehidupan masyarakat akan menimbulkan dampak, baik positif ataupun dampak negative terutama pada budaya Indonesia. Sebagai contoh jaringan internet orang sudah bias mencari dan memperoleh informasi mengenai berbagai data sosial ekonomi, sosial budaya, politik dan militer internasional. Akibat dari globalisasi ini mereka cenderung mencari jalan pintas dengan wawasan yang relative sempit.

 

B.   Rumusan Masalah

1.      Apakah dampak globalisasi teknologi dibidang informasi dan komunikasi, ekonomi dan industri, sosial budaya, politik, pendidikan, dan lingkungan hidup ?

2.      Apakah saluran-saluran yang mempercepat proses globalisasi ?

3.      Bagaimana ciri masyarakat baik yang menerima dan menolak globalisasi ?

4.      Apakah aspek positif dari globalisasi bagi budaya Indonesia ?

 

C.   Tujuan

1.      Untuk mengetahui dampak globalisasi teknologi dibidang ekonomi dan industri, sosial budaya, politik, dan pendidikan.

2.      Untuk mengetahui saluran-saluran yang mempercepat proses globalisasi.

3.      Untuk mengetahui cirri-ciri masyarakat terhadap globalisasi.

4.      Untuk mengetahui aspek positif dan negatif dari globalisasi bagi budaya Indonesia.

 

D.   Manfaat

1.      Bagi penulis

Meningkatkan pengetahuan tentang dampak globalisasi dan meningkatkan kemampuan menulis karya tulis.

2.      Bagi khalayak umum

Memberika pengetahuan tentang bagaimana dampak baik dan buruknya globalisasi bagi kehidupan masyarakat di Indonesia.

 

 

BAB II

LANDASAN TEORI

 

A.   Globalisasi

Globalisasi atau penyejagatan adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan dan ketergantungan antar bangsa antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu Negara menjadi semakin sempit.

Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok, dan Negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi sutu sama lain yang melintasi batas Negara.

Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran Negara atau batas-batas Negara.

 

 

B.   Kehidupan

Kehidupan adalah cirri membedakan objek yang memiliki isyarat dan proses penompang diri (organism hidup) dengan objek yang tidak memilikinya, baik karena fungsi-fungsi tersebut telah mati atau karena mereka tidak memiliki fungsi tersebut dan diklasifikasikan sebagai benda mati. Ilmu yang berkaitan dengan studi tentang kehidupan adalah biologi.

 

 

Organisme hidup mengalami metabolisme, mempertahankan homeostasis, memiliki kapasitas untuk tumbuh, menanggapi rangsangan, berproduksi, dan melalui seleksi alam beradaptasi dengan lingkungan mereka dalam generasi berturut-turut. Organism hidup yang lebih kompleks dapat berkomunikasi melalui berbagai cara. Sebuah susunan beragam dari organism hidup(bentuk kehidupan) dapat ditemukan di biosfer di bumi, dan sifat-sifat umum dari organisme ini tumbuhan, hewan, fungsi, protista, archaea, dan bakteri adalah bentuk sel berbasis karbon dan air, dengan organisasi kompleks dan informasi genetic yang bias diwariskan.

Dalam filsafat dan agama, konsepsi kehidupan dan sifatnya bervariasi. Keduanya menawarkan interpretasi mengenai bagaimana kehiduan berkaitan dengan keberadaan dan kesadaran, dan keduanya menyentuh isu-isu terkait, termasuk sikap hidup, tujuan, konsep tuhan atau dewa, jiwa atau kehidupan setelah kematian.

 

 

C.   Indonesia

Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah Negara di asia tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau, oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara (“pulau luar”, disamping Jawa yang dianggap pusat). Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah Negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan Negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah Negara islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Presiden yang dipilih langsung. Ibu kota Negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan  Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Sejarah Indonesia banyak dipengaruhi oleh bangsa lainnya. Kepulauan Indonesia menjadi wilayah perdagangan penting setidaknya sejak abad ke-7, yaitu ketika Kerajaan Sriwijaya di Palembang menjalin hubungan agama dan perdagangan dengan Tiongkok dan India. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha telah tumbuh pada awal abad Masehi, diikuti para pedagang yang membawa agama Islam, serta berbagai kekuatan Eropa yang sling bertempur untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah Maluku sesame era penjelajahan samudra. Setelah berada di bawah penjajahan Belanda, Indonesia yang saat itu bernama Hindia Belanda menyatakan kemerdekaannya di akhir Perang Dunia II. Selanjutnya Indonesia mendapat berbagai hambatan, ancaman dan tantangan dari bencana alam, korupsi, separatism, proses demokrasi dan periode perubahan ekonomi yang pesat.

Disamping Sabang sampai Merauke, Indonesia terdiri dari berbagai suku, bahasa dan agama yang berbeda. Suku Jawa adalah grup etnis terbesar dan secara politis paling dominan. Semboyan nasional Indonesia,”Bhineka tunggal ika” (“bebeda-beda tetapi tetap satu”), berarti keberagaman yang membentuk Negara. Selain memiliki populasi padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki wilayah alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia.

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PEMBAHASAN

A.   Dampak globalisasi teknologi dibidang informasi dan komunikasi, ekonomi dan industri, sosial budaya, politik, pendidikan, dan lingkungan hidup

 

1.      Bidang Informasi dan Komunikasi

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnya, antara lain:

a.       Kita akan lebih cepat mendapatka informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet,

b.      Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone,

c.       Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah, dll

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:

a.       Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris

b.      Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bias disalah ginakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu

c.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet

d.      Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi computer. Kerusakan computer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam computer inilah beberapa comtoh stress yang terjadi karena teknologi. Rusakanya modem internet karena disambar petir

 

2.      Bidang Ekonomi dan Industri

Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya, antara lain:

a.       Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi

b.      Terjadinya industrialisasi

c.       Produktifitas dunia industri semakin meningkat

 

3.      Bidang Sosial dan Budaya

Akibat kemajuan teknologi bias kita lihat

a.        Turut serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial internasional, misalnya lewat organisasi PBH dan Palang Merah Internasional

b.      Menjunjung tinggi pelaksanaan HAM

c.       Mengadakan pertukaran pelajar antar Negara

 

4.      Bidang Politik

 

a.       Menegakan nilai-nilai demokrasi

b.      Memperluas dan meningkatkan hubungan dan kerja sama internasional

c.       Partisipasi aktif dalam percaturan politik untuk menuju perdamaian dunia

 

 

 

5.      Bidang Pendidikan

Dampak positif:

a.       Munculnya media massa

b.      Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru

c.       System pembelajaran tidak harus melalui tatp muka

Dampak negatif:

a.       Kerahasiaan alat tes semakin terancam

b.      Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak criminal

 

6.      Bidang Lingkungan Hidup

 

a.       Menentangkan pemakaian senjata nuklir, baik untuk perang maupun penelitian yang dapat merusak lingkungan hidup

b.      Tueut serta melaksanakan lingkungan hidup serta ekologi darat, laut, dan udara secara nasional dan internasional

c.       Menggalang kerja sama antar Negara dalam menanggulangi pencemaran lingkungan

 

 

 

 

 

B.   Saluran-saluran yang mempercepat proses globalisasi

 

Bila ditelusuri awal mula munculnya alat komunikasi dalam rangka menyampaikan pesan yang pertamanya adalah menggunakan kentongan kemudian berkembang menjadi telegram, telepon, radio, hingga televisi. Oleh karena itu dengan kemajuan komunikasi keuntungan yang dapat diperoleh antara lain, manusia dapat menerima berita atau informasi dari seluruh penjuru dunia. Berita dapat menyebar kemana-mana walaupun leteknya berjauhan dan menyaksikan suatu peristiwa atau sesuatu yang sedang terjadi di tempat lain.

Berbagai saluran proses globalisasi adalah sebagai berikut:

1.      Lembaga pendidikan dan ilmu pengetahuan serta lembaga keagamaan

2.      Lembaga perniagaan dan industry nasional

3.      Saluran komunikasi, telekomunikasi nasional

4.      Lembaga nasional yang mengatur peraturan nasional

5.      Lembaga kenegaraan yang mengatur hubungan diplomatic

 

C.   Ciri masyarakat baik yang menerima dan menolak globalisasi

 

Hal-hal yang menjadi masalah bahwa pada setiap gejala perubahan akan menimbulkan konflik atas perbedaan sudut pandang. Konflik tersebut akan terjadi antara kelompok masyarakat yang menerima dan menolak arus globalisasi.

Berikut adalah masyarakat yang menerima dan menolak arus globalisasi:

a.      Masyarakat yang menerima arus globalisasi

1.      Individu atau kelompok masyarakat dari kalangan generasi muda

2.      Individu atau kelompok masyarakatyang status sosialnya sudah mapan

3.      Individu atau kelompok masyarakat perkotaan terutama yang telah menikmati berbagai media komunikasi dan informasi globalisasi

 

b.      Masyarakat yang menolak arus globalisasi

1.      Individu atau kelompok masyarakat tertinggal yang berada di daerah terasing

2.      Individu atau kelompok masyarakat dari kalangan generasi tua

3.      Individu atau kelompok masyarakat yang belum mapan

 

 

D.   Aspek positif dari globalisasi bagi budaya Indonesia

 

Berkembangnya arus globalisasi jelas memberikan dampak pada kebudayaan manusia. Banyak yang terlihat jelas dalam perubahan dan pengesahan pola hidup masyarakat, yaitu:

a.       Agraris tradisional menjadi masyarakat industri modern

b.      Kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis

c.       Kehidupan lamban menjadi kehidupan serba cepat

d.      Kehidupan berasaskan nilai sosial menjadi kehidupan yang menguasai alam

Aspek positif

Beberapa aspek positif dari perkembangan teknologi dan arus globalisasi

1.      Pola Hidup yang serba cepat

Teknologi memberikan manfaat waktu bgi masyarakat, misalnya dalam bidang pertanian, petani yang awalnya memanen padinya 6 bulan sekali sekarang sudah memanenkan 3 bulan sekali, kemudian dalam bidang makanan banyak produk makanan siap saji(serba instan).

 

 

 

2.      Pesatnya Perkembanga Informasi dan Transformasi

Manfaat yang dapat diperoleh masyarakat dengan adanya perkembangan informasi sangat banyak, misalnya dengan adanya internet anda dapat mencari ilmu pengetahuan secara gratis dan berlimpah. Selain itu, perkembangan teknologi transformasi yang semakin cepat dan akurat, misalnya dengan adanya pesawat terbang kita dapat lebih cepat

3.      Pemanfaatan Sumber Daya Alam yang Melimpah

Dengan adanya pemanfaatan sumber daya alam akan memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat, misalnya pemanfaatan sumber daya emas oleh PT Freport di Papua akan memberikan peluang pekerjaan bagi masyarakat Papua itu sendiri

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

KESIMPULAN DAN SARAN

 

A.   Kesimpulan

 

Dari uraian pembahasan, dapat disimpulkan bahwa globalisasi adalah suatu proses perubahan secara mendunia sebagai akibat dari adanya kemajuan teknologi dan komunikasi. Globalisasi akan berkembang dengan cepat apabila didukung dengan saluran-saluran yang memadai dan selalu mendukung. Disamping itu globalisasi juga dapat memberikan dampak terhadap budaya Indonesia baik dampak positif ataupun dampak negatif

 

B.   Saran

 

1.      Pennulis diharapkan dapat memperbaiki karya tulis ini

2.      Penulis diharapkan dapat melengkapi kekurangan dalam makalah ini

3.      Pembaca sebaiknya tidak terlau menerima kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia

4.      Pembaca sebaiknya tidak terlalu mengikuti perubahan di era globalisasi

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Koenjaraningrat. 1990. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

www.google.com

www.wikipedia.com

 


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Labels