Submit

2 Des 2012

Politik dan Sistem Pemerintahan Negara Kanada

                                                                                               Nama    :    Puji Hartono

                                                                                               Kelas     :    XII.IA.2

                                                                                               No.        :    26

Politik dan Pemerintahan Negara Kanada

            Secara historis kanada dikenal sebagai Dominion of Canada, yang mana negara ini terletak dibagian paling utara benua Amerika. Kanada juga merupakan negara terluas di bagian Amerika Utara. Selain itu negara ini juga tergolong negara yang maju. Yang mana perekonomian Kanada sekarang mendekati Amerika Serikat dengan sistem ekonomi pasar, pola produksi, dan standar hidup yang tinggi. Negara ini juga merupakan bekas jajahan Perancis dan Britania Raya.

            Sistem pemerintahan Kanada yakni demokrasi parlementer, federasi, dan monarki konstitusional. Sistem legal yang dipakai adalah hukum inggris, hukum sipil dari hukum Perancis, dan menerima keputusan yurisdiksi dari ICJ (international court of justice). Kepala negara adalah Queen Elizabeth II (since 6 februari 1952). Sedangkan yag memegang kepala pemerintahan adalah perdana menteri, yakni, David Johnston (sejak 1 oktober 2010). Selain itu terdapat hak istimewa sebagai kepala negara oleh gubernur jenderal yang diangkat oleh ratu atau nasihat dari perdana menteri Kanada.

Partai di Kanada ada banyak, terdiri dari 3 partai besar dan beberapa partai kecil lainnya. Partai besar itu antara lain, Partai Demokrat Baru, Partai Liberal Kanada, Partai Konservatif Kanada. Sedangkan metode pemilihan umum disini adalah memakai sistem monarki untuk kepala negaranya. Gubernur jenderal ditetapkan dengan nasihat dari perdana menteri secara monarki. Sedangkan perdana menterinya diangkat oleh gubernur jenderal yang biasanya pemimpin partai politik yang memegang kursi terbanyak dalam majelis perwakilan rendah. Cabang pemerintahan legislative yaitu parlemen yang memiliki dua kursi yaitu, Majelis Perwakilan Rendah dan Senat.

            Beberapa kelompok penekan dan pemimpinnya dalam perpolitikan Kanada antara lain berasal dari sektor pertanian, industry automobile, grup bisnis, industry kimia, bank komersial, sektor komunikasi, industry energy, kelompok lingkungan, kelompok administrasi publik, industri baja, dan persatuan perdagangan.

            Peradilan Kanada memainkan peran penting dalam mewujudkan hukum dan peraturan federal, provinsi, dan kota. Selanjutnya juga memiliki kekuasaan untuk menjatuhkan hukum yang melanggar konstitusi. Seluruh hakim pada tingkat superior, berwenang dalam hal naik banding dan mahkamah agung Kanada dipilih dan ditunjuk oleh pemerintah federal, setelah konsultasi dengan badan resmi non-pemerintah. Kedudukan pengadilan pada tingkat rendah dengan yurisdiksi terbatas pada suatu provinsi atau teritori, bertempat dimasing-masing pemerintahan provinsi atau teritori. Mahkamah Agung Kanada merupakan pemutus hukum yang terakhir.

            Sistem parlementer dan monarki yang dianut oleh negara Kanada ini adalah merupakan pengaruh dari colonial Perancis yang menjajah bangsa ini dulu nya. Sistem pemerintahan negara-negara parlementer yang biasanya mempunyai kepala negara seorang raja atau ratu merupakan hasil kebudayaan dari negara Eropa terutama negara Inggris, yang kemudian diambil oleh beberapa negara didunia untuk dipakai dalam sistem pemerintahan mereka.

 

di Kanada, kepala negara dipegang oleh Ratu dan Jenderal Umum secara monarki, dan kepala pemerintah oleh Perdana menteri adalah pemegang suara terbanyak dari partai yang memenangkan di majelis perwakilan rendah.

 

Sistem pemerintahan Kanada yakni demokrasi parlementer, federasi, dan monarki konstitusional. Sistem legal yang dipakai adalah hukum inggris, hukum sipil dari hukum Perancis, dan menerima keputusan yurisdiksi dari ICJ (international court of justice). Kepala negara adalah Queen Elizabeth II. Sedangkan yag memegang kepala pemerintahan adalah perdana menteri, yakni, David Johnston.


 

 

 

KANADA

 

 

Bentuk Negara

Bentuk negara Kanada adalah federasi atau serikat. Kata federasi berasal dari kata latin “fe o d u s”, yang artinya berjanji atau persetujuan. Dalam pengertian modern, negara federasi adalah sebuah bentuk pemerintahan di mana beberapa negara bagian bekerja sama dan membentuk negara kesatuan. Masing-masing negara bagian memiliki beberapa otonomi khusus dan pemerintahan pusat mengatur beberapa urusan yang dianggap nasional. Dalam sebuah federasi setiap negara bagian biasanya memiliki otonomi yang tinggi dan bisa mengatur pemerintahan dengan cukup bebas.

 

Bentuk Pemerintahan

Negara Kanada mengadopsi sistem pemerintahan Monarki Konstitusional (constitutional Monarchy), seperti kerajaan Inggris. Dengan kata lain, sistem pemerintahan negara Kanada adalah kerajaan yang dipimpin oleh raja atau ratu. Jabatan tersebut diduduki secara turun temurun dan dijabat seumur hidup. Karena Kanada menggunakan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional maka kekuasaan Raja atau Ratu dibatasi oleh konstitusi. Lebih umum dikatakan bahwa sistem ini lebih tunduk pada kehendak rakyat dan hukum yang berlaku. Oleh karena itu Raja atau Ratu tidak dapat bersikap sewenang-wenang dalam mengatur pemerintahan.

 

Sistem Pemerintahan

Negara Kanada menggunakan sistem pemerintahan parlemen. Sistem parlemen adalah sebuah sistem pemerintahan di mana parlemen memiliki peranan penting dalam pemerintahan. Dalam hal ini parlemen memiliki wewenang dalam mengangkat perdana menteri dan parlemen pun dapat menjatuhkan pemerintahan, yaitu dengan cara mengeluarkan semacam mosi tidak percaya.


 

Di dalam sejarahnya yang masih muda, Kanada telah berkembang menjadi negara dengan berbasis ilmu pengetahuan dengan sistem pemerintahan, dunia usaha, kebudayaan dan gaya hidup tingkat dunia. Kanada bangga memiliki daya tarik alami yang mempesona dan ruang terbuka yang teramat luas. Dengan komitmen pada pendidikan, lingkungan hidup dan kesehatan untuk semua, masyarakat Kanada menatap masa depan dengan percaya diri dan optimisme.

 

Jaman dulu Penghuni pertama di Kanada  adalah penduduk asli orang-orang aborigin, yang diperkirakan tiba dari Asia ribuan tahun yang lampau melalui daratan yang menjadi jembatan antara Siberia dan Alaska. Empat ratus tahun yang lalu, para pengembara dari Perancis dan Inggris mulai menjelajahi negara dengan sungguh-sungguh, Penghunian tetap oleh kedua bangsa ini di mulai pada awal tahun 1600.

 

Hingga perang dunia ke II, kebanyakan para imigran datang dari Kepulauan Inggris atau Eropa Timur. Tetapi sejak tahun 1945, susunan kebudayaan Kanada semakin beragam dengan meningkatnya jumlah pendatang dari berbagai negara Eropa Selatan, Asia, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia dengan sumbernya terbanyak dari daerah Asia Pasifik.

 

Dewasa ini, Kanada terdiri atas 10 provinsi dan 2 wilayah, yang kebanyakan dihuni oleh penduduk Kanada yang nenek moyangnya berasal dari hampir segala penjuru dunia. Sensus baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 11 juta penduduk Kanada, atau 42 persen dari penduduknya, dilaporkan berlatar belakang suku bangsa yang bukan dari Inggris atau Perancis.

 

Kanada memiliki 3 teritori yang mencakup wilayah daratan seluas hampir 10 juta kilometer persegi. Tanah, sejarah, penduduk dan perekonomian masing-masing propinsi dan teritori bersifat unik dan kesemuanya ini membantu Kanada menjadi negara yang menarik dan beraneka ragam.

 

Kanada menggunakan sistem pemerintahan demokrasi federal yang menyatukan sejumlah komunitas politik yang berbeda di bawah pemerintahan bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan pemerintah daerah yang terpisah untuk menangani keperluan-keperluan tertentu masing-masing daerah. Bentuk pemerintahan ini mempertimbangkan realita geografis Kanada, keanekaragaman masyarakat budayanya dan warisan dwi-hukum dan dwi-bahasa.

 

Kanada mempunyai tiga tingkat pemerintahan: federal, propinsi dan teritori, dan kotamadya (lokal atau regional).Dalam struktur federal, para pejabat yang terpilih - Kabinet para menteri di bawah kepemimpinan Perdana Menteri – merupakan badan pengambil keputusan utama. Pemerintah federal memimpin sistem pemerintahan demokratis negara melalui berkonsultasi dengan para pejabat terpilih lain, para wakil propinsi dan kotamadya, dan masyarakat Kanada.

 

Peran utama pemerintah Kanada adalah memastikan dan mendukung kinerja perekonomian negara. Tanggung-jawab lainnya termasuk pertahanan nasional, perdagangan dan niaga antar propinsi dan antar negara, imigrasi, sistem perbankan dan moneter, hukum pidana dan perikanan. Pemerintah federal juga mengawasi industri-industri seperti kedirgantaraan, perkapalan, perkereta-apian, telekomunikasi dan tenaga atom.

 

Pemerintah propinsi dan teritori

 

mempunyai struktur yang sama seperti struktur federal dan bertanggung jawab atas masalah-masalah seperti pendidikan, hak-hak sipil dan kepemilikan, peradilan, sistem rumah sakit, sumber daya alam di dalam batas propinsi dan teritori mereka, jaminan sosial, kesehatan dan lembaga-lembaga kotamadya.Baru-baru ini pemerintah federal telah mulai menyerahkan tanggung-jawab yang lebih besar atas sejumlah program dan pelayanan kepada pemerintah propinsi. Contohnya adalah pelatihan pasar tenaga kerja, dan pengembangan pertambangan dan kehutanan.

 

Pemerintah lokal dan regional

 

memainkan peran penting dalam beberapa bidang termasuk penyediaan pendidikan, pengembangan tanah, peraturan-peraturan usaha setempat, dan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan dan budaya. Struktur pemerintah lokal dan regional tidak selalu sama di seluruh negara.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa Perserikatan Bangsa-Bangsa secara rutin memasukkan Kanada sebagai salah satu negara dengan kualitas hidup terbaik? Menurut berdasarkan standar hidup, harapan hidup dan tingkat pendidikan penduduknya. Kanada cenderung mengarah kepada keunggulan kreatif dalam hal kebudayaan bergantung pada penduduk yang beraneka bahasa dan latar belakang pendidikan. Dengan penduduk lebih dari 32 juta, Kanada menyerap lebih dari 200.000 imigran setiap tahunnya. Kami memperoleh manfaat dari keanekaragaman latar belakang dan wawasan baru yang mereka miliki yang makin memperkaya budaya dan masyarakat kami.


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


4 komentar:

  1. GUDANG303 AGEN BOLA ONLINE MASTER BETTING TERPERCAYA

    AGEN SBOBET
    AGEN BOLA ONLINE
    BOLA ONLINE
    AGEN BOLA
    AGEN JUDI
    BOLA ONLINE
    REGISTER GUDANG 303
    DEPOSIT GUDANG303
    WITHDRAW GUDANG303
    PERATURAN GUDANG 303
    BONUS GUDANG303
    LIVESCORE GUDANG 303
    PREDIKSI GUDANG 303
    LINK ALTERNATIF
    http://bonusgudang303.blogspot.com
    http://167.114.137.238/~g303net/

    Prediksi Bola terbaru

    http://198.50.133.243/prediksi-everton-fc-vs-manchester-united-fc-17-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-new-england-vs-montreal-impact-18-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-ac-milan-vs-juventus-19-oktober-2015
    http://198.50.133.243/prediksi-swansea-city-afc-vs-stoke-city-fc-20-oktober-2015

    BalasHapus
  2. 988Bet | Agen Sbobet | Agen Judi | Agen Bola
    Agen Sbobet
    Agen Bola
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Bandar Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola


    AGEN SBOBET | AGEN BOLA | AGEN JUDI
    http://988bet.com/
    http://988bet.com/prediksi-skor-malaga-vs-real-betis-tanggal-08-november-2015/
    http://988bet.com/prediksi-skor-milan-vs-atalanta-tanggal-08-november-2015/
    http://988bet.com/prediksi-skor-montpellier-vs-nantes-tanggal-08-november-2015/
    http://988bet.com/prediksi-skor-rayo-vallecano-vs-granada-08-november-2015/
    http://988bet.com/prediksi-stoke-city-vs-chelsea-tanggal-08-november-2015/
    http://988bet.city/2015/10/31/prediksi-valencia-vs-levante-01-november-2015/
    http://agenjudi.city/2015/10/31/prediksi-villarreal-vs-sevilla-01-november-2015/
    http://agen303.city/2015/10/31/prediksi-getafe-vs-barcelona-01-november-2015/
    http://agenbola.city/2015/10/31/prediksi-real-sociedad-vs-celta-de-vigo-01-november-2015/
    http://bandarbola.city/2015/10/31/prediksi-wolfsburg-vs-bayer-leverkusen-01-november-2015/
    http://bolajudi.city/2015/10/31/prediksi-stoccarda-vs-darmstadt-98-01-november-2015/
    http://ibcbet.city/prediksi-eibar-vs-rayo-vallecano-01-november-2015/
    http://metrotv.city/2015/10/31/prediksi-espanyol-vs-granada-01-november-2015/2015/

    BalasHapus

 

Labels