Submit

23 Nov 2012

KISI-KISI (SKL) UN SMA 2013 GEOGRAFI PROGRAM IPS

 

NO

KOMPETENSI

INDIKATOR

l.

Mendeskripsikan hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi.

Menentukan penggunaan prinsip, konsep dasar, aspek, dan pendekatan Geografi dalam mengkaji fenomena geosfer.

2.

Menganalisis sejarah pembentukan

Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.

Mendeskripsikan proses pembentukan Bumi, Tatasurya, dan Jagadraya.

Mengidentifikasi planet Tatasurya dan Jagadraya.

3.

Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di lithosfer dan pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Menganalisis fenomena yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mendeskripsikan keanekaragaman flora dan fauna sebagai potensi pendukung kehidupan.

Mendeskripsikan fenomena kependudukan.

4.

Mendeskripsikan sumber daya alam serta kaitannya dengan kehidupan manusia.

Mengidentifikasi sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek geografi.

Mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam secara arif.

5.

Mendeskripsikan pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Menganalisis pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup.

Mengkaji kaitan lingkungan hidup dengan pembangunan berkelanjutan.

6.

Menerapkan keterampilan dasar petalpemetaan dalam memahami fenomena geosfer.

Menerapkan keterampilan dasar pemetaan pada pembuatan peta.

Menganalisis penggunaan peta untuk penentuan lokasi kegiatan ekonomi penduduk.

7.

Mendeskripsikan pemanfaatan citra penginderaan jauh dan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.

Menginterpretasi citra hasil penginderaan jauh dan pemanfaatnya sebagai sumber informasi geosfer.

Mendeksripsikan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi fenomena geosfer.

8.

Mendeskripsikan wilayah dan pewilayahan di dunia.

Membedakan pola keruangan dan interaksi desa- desa, desa-kota, dan kota-kota.

Mendeskripsikan konsep wilayah dan pewilayahan dalam kaitan dengan pembangunan.

Mendeskripsikan karakteristik negara berkembang dan negara maju.

 


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels