Submit

21 Nov 2012

KISI-KISI UN SD 2013 BAHASA INDONESIA

 

NO.

KOMPETENSI

INDIKATOR

1.

Membaca

Membaca berbagai teks nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus, serta berbagai karya sastra berupa puisi,

dongeng, cerita anak, dan drama anak.

Disajikan teks bacaan 3 - 4 paragraf, siswa dapat:

menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)

membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu paragraf

menentukan ide pokok salah satu paragraf

menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf.

Disajikan petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur.

Disajikan petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.

Disajikan rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan tepat.

Disajikan cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.

Disajikan teks drama, siswa dapat:

menentukan tokoh utama

menentukan latar

menentukan amanatnya.

Disajikan paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.

Disajikan teks percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.

Disajikan sebuah paragraf, siswa dapat:

menyusun pernyataan yang sesuai  dengan isi paragraf

mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.

Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam paragraf.

Siswa dapat menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

Siswa dapat menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

Disajikan pantun, siswa dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.

Disajikan dua teks, siswa dapat menentukan persamaannya

Disajikan jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa dapat:

membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal

menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai dengan tujuan

Disajikan puisi, siswa dapat menentukan isil maksud yang terkandung di dalamnya.

Disajikan cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.

 

NO.

KOMPETENSI

INDIKATOR

 

 

Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat:

menentukan isinya

memperbaiki kalimat yang salah strukturnya.

Disajikan percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan topiknya.

Disajikan teks satu paragraf, siswa dapat:

menentukan ringkasannya

menentukan temanya

menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.

Disajikan teks puisi pendek, siswa dapat:

menentukan pernyataan sesuai dengan isi puisi

menentukan makna kata pada puisi yang disajikan.

2.

Menulis

Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun

Disajikan petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.

Disajikan empat kalimat yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan sehingga menjadi paragraf yang padu.

Disajikan dua kalimat tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata hubung yang tepat.

Disajikan kalimat rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kata hubung yang tepat penulisan.

Disajikan surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.

Siswa dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang disajikan.

Disajikan cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan pilihan kata yang tepat.

Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

Disajikan formulir dan ilustasi, siswa dapat melengkapi formulir sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.

Disajikan teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:

melengkapi dengan kalimat ajakan yang tepat

memperbaiki kalimat yang ejaannya salah.

Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.

Disajikan cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang salah.

Disajikan laporan yang dirumpangkan, siswa dapat melengkapinya dengan kalimat yang tepat.

Disajikan sebuah pantun yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

Disajikan gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.

Disajikan paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

 

 


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


0 komentar:

Posting Komentar

 

Labels