Submit

20 Nov 2012

Pengertian Besaran fisika, Besaran Pokok dan Turunan

 

Seringkah Kamu mengamati benda-benda atau kejadian yang ada di sekitarmu?

Hangatnya sinar matahari; kenapa air bisa  membeku menjadi es; berapa ukuran baju kamu. Tanpa Kamu sadari dalam pengamatan dan melakukan kegiatan sehari-hari kita sedang  belajar fisika.  Dalam belajar Fisika berarti kita mempelajari benda, kejadian, energi serta gejala alam di sekitar kehidupan kita. Contoh lain kejadian yang ada di sekitar kita adalah; Seorang dokter memeriksa suhu badan pasiennya, pedagang di pasar menimbang gula yang bermassa 1 kg, seorang pegawai PLN memeriksa kuat arus listrik di sebuah rumah, sedih, gembira, lelah,. Dari contoh-contoh kejadian tersebut ada yang dapat kita ukur, akan tetapi ada juga yang tidak terukur.

   Sesuatu yang dapat diukur dan hasilnya dapat dinyatakan dengan nilai dan satuan disebut Besaran Fisika. Jadi suhu, massa, kuat arus merupakan besaran fisika, karena dapat diukur. Suhu dapat diukur dengan termometer, massa diukur dengan neraca timbangan, kuat arus listrik dapat diukur dengan ampermeter, Sedangkan sedih, gembira, lelah bukan besaran fisika karena tidak dapat diukur.

Menurut Bueche besaran menurut arahnya dibedakan menjadi dua, yaitu besaran skalar yang hanya memiliki besar, dan besaran vektor yang selain memiliki besar memiliki arah pula. Besaran vektor akan dibahas lebih mendalam pada bab 2 buku ini. Sedangkan besaran Fisika menurut cara penurunannya dikelompokkan menjadi Besaran Pokok dan Besaran Turunan. Besaran pokok adalah besaran yang sudah ditetapkan terlebih dahulu dan merupakan besaran dasar. Besaran pokok meliputi tujuh macam besaran seperti pada tabel 1.

Tabel 1 Tujuh Besaran Pokok

Besaran Pokok

Keterangan

Satuan

Lambang Satuan

1

2

3

4

5

6

7

Panjang

Massa

Waktu

Suhu

Kuat Arus

Intensitas Cahaya

Jumlah Zat

Panjang dari suatu benda

Jumlah materi dalam benda

Lama atau selang waktu

Derajat panas dingin suatu benda

Jumlah muatan listrik yang mengalir

Daya pancaran cahaya per luas

Jumlah partikel dalam benda

meter

kilogram

sekon

kelvin

amper

candela

mol

 

m

kg

s

K

A

Cd

Mol

 

         

 

Besaran lain di luar besaran pokok dinamakan besaran turunan. Besaran turunan diartikan sebagai besaran yang dijabarkan atau diturunkan dari besaran-besaran pokok ataupun besaran turunan lainnya. Seringkali besaran turunan diistilahkan sebagai besaran terjabar.

Seorang petani ingin mengukur luas ladangnya. Ia tidak dapat langsung mengukur luasnya menggunakan alat bantu apa pun, melainkan ia harus mengukur panjang dan lebarnya, dimana keduanya merupakan besaran  pokok. Kemudian petani tersebut harus menghitung luas ladangnya dengan cara : Luas = panjang x lebar. Luas temasuk salah satu contoh besaran turunan.

Menurut  Alonso dan Finn menyatakan suatu besaran turunan harus operasional dalam arti harus mengisyaratkan secara eksplisit atau implisit bagaimana besaran yang didefinisikan itu dapat diukur. Sebagai contoh, mengatakan bahwa kecepatan adalah kelajuan yang menyebabkan benda bergerak, bukan definisi operasional bagi kecepatan. Tetapi mengatakan bahwa kecepatan adalah jarak yang ditempuh dibagi dengan waktu, adalah definisi operasional dari kecepatan.

Besaran turunan ada banyak sekali yang bisa disebutkan. Contoh-contoh besaran turunan yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari antara lain terdapat dalam tabel 2  berikut ini.

Tabel 2 Besaran Turunan

Besaran

Definisi operasional

Berasal dari besaran pokok

Berasal dari besaran turunan

Luas

Panjang dikali lebar

2 besaran panjang

_

Volume

Luas alas dikali tinggi

1 besaran panjang

Luas

Massa Jenis

Massa dibagi volume

Massa

volume

Kecepatan

Perpindahan dibagi waktu

Panjang dan  waktu

_

Kelajuan

Jarak dibagi waktu

Panjang dan waktu

_

Percepatan

Kecepatan dibagi waktu

Waktu

Kecepatan

Gaya

Massa dikali percepatan

Massa

Percepatan

Usaha/Kerja

Gaya dikali perpindahan

Panjang (perpindahan)

Gaya

Tekanan

Gaya dibagi luas

_

Gaya dan luas

 


Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari SEMUA TENTANG SMA DAN EDUKASI.com di inbox anda:


0 komentar:

Poskan Komentar

 

Labels